Pantai Glagah Indah : Wisata Unik di Jogja Banyak Kuliner Lautnya

Pantai Glagah Indah, wisata jogja, wisata pantai di jogja, wisata kuliner laut di jogja, wisata murah di jogja, wisata keren di jogja

Pantai Glegah Indah, photo by Perjalananday

Pantai memang tidak pernah gagal membuat pengunjungnya bahagia. Seolah pantai seperti seseorang yang senantiasa mengagamu agar tertawa. Pantai seperti kekasih yang menyenangkan. Berlari bertelanjang kaki di pasir, bermandikan cahaya. Membiarkan ombak-ombak kecil mengejar dan angin laut yang membuat tubuh meremang. Barangkali hal itulah yang membuat tangis dan gunda hilang ditelan lautan. 


Pantai seperti seorang ibu yang selalu menerima anaknya dalam keadaan apapun. Baik dalam keadaan ia sedang bangga pada dirinya, maupun sedang ingin menyerah. Apapun keadaanmu pantai akan selalu hangat dan menyenangkan. 


Aku menenggelamkan diri diantara barisan tetrapod yang terbuat dari beton. Menyendiri di bibir pantai yang setiap saat di serang ombak. Ku biarkan lamunan menyergap. Rasanya ingin mengaduh, tetapi terlalu banyak nikmat yang tuhan berikan. Sangat tidak pantas jika dikeluhkan. Salah satunya dianuegarhi tubuh dan hati yang kuat. Hidup memang tidak selalu baik-baik saja. Tapi menangis sesekali bolehlah yah. Ombak besar memecah lamunanku. Bau amis yang mulai menyengat membuatku segera beranjak.  


Di dermaga ini ratusan tetrapod berjejer memenuhi pantai. Bagaikan para prajurit yang berbaris rapi bertugas menghadang dan memecah belah ombak. Andai tetrapod tidak ada, pasti pantai selatan ini sudah habis di gerus abrasi. Tetrapod inilah yang menjadi ikonik Pantai Glagah Indah yang sedang aku kunjungi. 


Pantai Glagah Indah adalah satu dari ratusan pantai dengan spot sunset dan sunrise menarik di Jogja. Banyak pecinta fotografi yang rela datang ke lokasi ini pada subuh dan petang hari untuk mengabadikan momen muncul dan tenggelamnya matahari. Di sekitar dermaga pantai ini pula merupakan tempat favorit untuk para pemacing.


Jika kamu tertarik ingin memuntahkan kesedihan di pantai ini. Pantai Glagah Indah beralamat di wilayah administratif Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, lebih tepatnya di Desa Glagah, Kecamatan Temon. Jaraknya sekitar 44 km atau sekitar 1 jam 2 menit perjalanan dari pusat kota Yogyakarta. Sedangkan dari pusat Kabupaten Kulon Progo jaraknya hanya sekitar 17,4 km atau sekitar 27 menit perjalanan. 


Di kawasan pantai ini terdapat fasilitas kamar mandi, toilet yang memadai dan cukup bersih. Ada mushola, kolam anak, serta tersedia pula tempat penyewaan ATV. Harga tiket masuk pantai ini hanya 6 ribu per orang di luar biaya parkir. 


Aku terus berjalan melewati jalan setapak diantara tetrapod. Cardigan hijau buram yang ku kenakan terus terkibas angin laut. Begitupun jilbabku sudah habis meleyot sana sini. Aku menuruni anak tangga di pinggir warung yang menuju ke area pasir pantai. Aku berjalan di pinggiran pantai yang pasirnya masih kering, seraya menyaksikan pengunjung yang semakin sore semakin ramai. 


Pantai Glabah Indah, photo by Perjalananday


Tak terasa matahari semakin melorot ke bawah. Aku kembali menaiki anak tangga dan menyusuri jalan setapak menuju area parkir. Di sepanjang jalan itu aku di sambut oleh barisan kuliner yang menggiurkan. Beragam cemilan laut seperti undur-undur, kepiting, udang dan cumi-cumi yang tidak mungkin dilewatkan begitu saja. Aku mampir di salah satu warung dan memesan undur-undur dan udang goreng. Penjualnya seperti orang Jogja pada umumnya sangat baik dan ramah. Aku beberapa kali di paksanya untuk mencoba berbagai macam menu. Rasanya sangat enak dan gurih, cocok di makan sambil menikmati pantai. Untuk harganya sendiri ternyata sangat terjangkau mulai dari 10 ribu per bungkusnya. 


Setelah keluar dari area parkir, tidak jauh dari area tetrapod, di sebelah kiri pantai ada jalan yang menuju ke wisata laguna. Laguna adalah sebuah kawasan berbentuk cekungan yang berisi air asin dan terpisah dari laut oleh penghalang seperti pasir, batu karang, atau elemen lainnya. Laguna di Pantai Glagah Indah terbentuk karena adanya cekungan alami yang disekat oleh pasir dan batu karang, membentuk sebuah telaga luas dengan air yang tenang.


Pantai Glagah Indah, photo by Perjalananday

Sudah jauh-jauh kesini, pikirku sayang sekali jika tidak mampir sekalian. Tanpa berpikir panjang, aku menancap gas menuju wisata laguna. Di kasawan ini ternyata tidak perlu membayar tiket masuk lagi, hanya biaya parkir saja 2 ribu rupiah. Pun disini banyak warung yang menyediakan menu makanan laut seperti, kepiting asam manis, udang dan cumi-cumi bakar, kelapa muda dan masih banyak lagi. Tentu saja dengan harga yang terjangkau mulai dari 20 sampai 45 ribu rupiah. 


Di laguna ini, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti berwisata air dengan menyewa perahu kayuh, sampan, atau kano untuk mengelilingi laguna. Keadaan air yang tenang dan jauh dari terpaan ombak membuat area ini menjadi tempat yang aman bagi anak-anak. 


Aku sendiri hanya mengambil gambar dan menikmati suara gemuruh pesawat yang berlalu lalang. Pantai ini hanya berjarak 9,4 km atau sekitar 19 menit dari pintu Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Tepat di depan laguna ini ternyata kawasan lapangan terbangnya. 


Mungkin ini bisa jadi salah satu alternatif menghemat waktu dan biaya saat traveling di Jogja. dengan cara mengambil penerbangan yang tiba di Yogyakarta sekitar pukul 14.00 WIB, lalu naik tranfortasi lokal menuju Pantai Glagah Indah.


Matahari sudah di telan lautan, memaksaku untuk segera pulang. Syukur akses jalan di pantai ini sangat mudah, beraspal dan mulus. Lokasi pantaipun tidak jauh dari jalan utama. Sepanjang jalan di penuhi rumah-rumah penduduk. Aku pulang dengan perasaan lega dan bahagia. Semua kesedihan telah ku tinggalkan di lautan. 

LihatTutupKomentar