Liburan Ke Pantai Goa Cemara di Jogja : Hemat Waktu, Hemat Biaya

Liburan murah di Jogja, Liburan hemat di jogja, Wisata Pantai Goa Cemara, Pantai Goa Cemara


Liburan Ke Pantai Goa Cemara di Jogja, photo by Perjalananday

Banyak yang bilang pantai-pantai di Bantul tidak cantik karena pasirnya hitam. Mendingan main ke Gunung Kidul pantainya cantik karena pasirnya putih. Wah. Ini sama seperti pandangan kebanyakan penduduk Indonesia yang memandang perempuan cantik itu harus putih. 

Manurut saya, pantai-pantai di Bantul cantik dan punya daya tarik tersendiri. Salah satunya Pantai Goa Cemara. Cocok sih buat yang ingin merasakan suasana baru di pantai. Seperti namanya pantai ini memang di penuhi pohon cemara udang. Hampir setiap sudutnya ada. 

Tipe pasirnya yang hitam justru disinilah keunikannya, berbeda dari pantai-pantai kebanyakan. Pantainya gak terlalu ramai (kecuali libur) cocok buat yang suka menyendiri. Duduk di kursi lipat menikmati angin dan suara ombak.  

Jarak tempat wisata ini kurang lebih 32 km atau sekitar 50 menitan dari pusat Kota Jogja. Fasilitasnya sama seperti pantai-pantai lain. Ada penyewaan motor ATV. Kalau gak salah biaya sewanya 50 ribu untuk yang ukuran kecil, 100 ribu untuk yang ukuran besar. Naik kuda juga seru, cuma bayar 30 ribu sudah bisa keliling pantai. 

Ohya disini juga bisa kamping. Ada area khusus kampingnya lagi. Terus fasilitas juga lengkap seperti musholah, toilet dan warung-warung kecil yang menyediakan makanan laut. Makananya juga lumayan enak. Saya waktu itu pesan ikan bakar dan cumi asam manis di tambah 2 kelapa muda. Itu saja cuma 105 ribu kalau gak salah yah. Cukup murah sih. 

Ada banyak sekali  tempat wisata di sekitar Pantai Goa Cemara yang jaraknya tidak begitu jauh. Ada Gumuk Pasir Parangkusumo jaraknya sekitar 10 km, Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai Depok dan pantai-pantai lainnya yang jaraknya kurang lebih 9-10 km saja dari Pantai Goa Cemara. Jadi dalam satu hari kamu bisa berwisata ke beberapa tempat. Seperti kata pepatah satu kali tarikan gas dua, tiga pantai terlampaui. Pokoknya Wisata Pantai Goa Cemara ini sangat cocok untuk kaum hemat.

Waktu itu saya datang tanggal 21 april 2023 pas hari lebaran pertama di Jogja, naik motor dua orang hanya di kenai biaya tiket 3 ribu rupiah, dan setelah masuk ke area pantai tidak dikenai biaya lagi. Padahal saya pikir biaya 3 ribu itu hanya untuk parkir belum termasuk biaya masuk wisatanya. Ternyata sudah include pemirsa. Murah sekali bukan?

Rute menuju pantai juga sangat mudah ditemukan dengan akses jalannya yang sangat bagus. Cuma modal isi bbm full dan google maps, langsung sikat ke Jalan Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Kecamatan. Sanden, Kabupaten Bantul. Pantainya buka 24 jam.

Ohya satu lagi. Kalau kesini jangan lupa bawa cemilan atau bekal makanan, persiapkan terlebih dahulu sebelum berangkat. Karena kalau sudah masuk ke area pantai kalian tidak akan menemukan Alfamart atau Indomaret. Apalagi Rumah Makan Padang. Kalau warung lokal sih banyak. Di pantaipun juga tersedia warung yang menyediakan cemilan seperti pop mie, ciki-ciki, air mineral dan-lain-lain. 

Oke itu dulu. Semoga bermanfaat. 
LihatTutupKomentar