Berenang dengan Hiu di Pulau Menjangan Besar - Rute dan Tiket Masuknya

Pulau Karimunjawa, Liburan Murah Karimunjawa, Photo dengan Hiu, Pulau Mejangan Besar Karimunjawa, Karimunjawa, Tiket Masuk Karimunjawa,

 

Berenang dengan Hiu di Pulau Menjangan Besar, photo by perjalananday

Menjangan Besar adalah salah satu pulau yang terdekat dengan Karimunjawa dengan luas pulau sekitar 50 hektar. Untuk sampai ke pulau ini hanya memerlukan waktu sekitaran 15 menit saja dari Dermaga Rakyat Sahbandar Karimunjawa. 


Untuk sampai ke Pulau Menjangan Besar kamu harus ke Pulau Karimunjawa terlebih dahulu. Dari Jepara kamu bisa naik kapal feri atau kapal kilat bahari melalui Dermaga Kartini menuju Pulau Karimunjawa. Jika menggunakan kapal feri kamu membutuhkan 5 jam perjalanan, sementara dengan kapal kilat bahari hanya membutuhkan 2 jam perjalanan. 


Pulau Menjangan Besar memiliki penangkaran hiu dan penyu. Disana juga terdapat beberapa karamba ikan dan lobster. Kamu bisa membeli ikan dan lobster langsung di karamba itu, tentunya dengan harga yang lebih murah. 


Aktivitas lainnya yang dapat dilakukan di Pulau Menjangan Besar kamu bisa berphoto dan berenang dengan ikan hiu. Tapi dengan catatan dilarang menyentuh ikan, dan wanita yang menstruasi tidak dibolehkan masuk ke kolam penangkaran. Meski ikan hiu tidak berbahaya tapi bagaimanapun hewan mamalia satu ini sangat sensitive dengan sesuatu yang berbau amis seperti darah. Hal itu dapat memicunya menjadi agresif. Saat berphoto tetaplah bersikap tenang usahakan tidak membuat gerakan-gerakan yang berlebihan. 


Di pulau ini, kamu juga bisa menyaksikan beberapa macam bintang laut seperti Blue Sea Star (Linckia Laevigata) atau Chocolate Chip Sea Star (Protoreaster nodosus) bintang laut unik warna coklat chips yang mempunyai sundul. Kamu pun diperbolehkan masuk ke kolam, menggenggam langsung dan mengambil gambar. Jangan terburu-buru meninggalkan pulau, karena sunset di Pulau Menjangan Besar sangatlah cantik. 


Biaya masuk Pulau Menjangan Besar sekitar 40 ribu rupiah per orang di luar ongkos kapal. Jam operasional pulau buka jam 6 pagi dan tutup jam 6 malam. Ohya sebelum berangat jangan lupa membawa bekal makanan karena di pulau ini tidak terdapat warung atau restoran. 


Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat liburan

LihatTutupKomentar