Bendungan Kamijoro, Wisata Gratis di Jogja

Wisata Bendungan Kamijoro, wisata jogja, Bendungan Kamijoro, Wisata Gratis Di Jogja

Bendungan Kamijoro, Wisata Gratis Di Jogja
Wisata Bendungan Kamijoro, photo by Perjalanan Day

Tidak punya uang bukan berarti tidak bisa liburan. Tetaplah liburan meskipun tidak punya uang karena liburan adalah hak segala bangsa. Hihihihi

Berbahagialah teman-teman yang berdomisili di Bantul, salah satu kabupaten yang terkenal di Jogja. Kabupaten yang memiliki sejuta tempat wisata alam yang indah dan mempesona. Salah satunya Bendungan Kamijoro yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 31 Desember 2019 lalu.

Bendungan Kamijoro sebenarnya dibangun untuk persedian air baku bagi masyarakat Bantul, Kulonprogo, hingga Kota Yogyakarta. Tidak hanya itu bangunan tersebut juga diperuntukan mengaliri sawah di daerah sekitar seluas 2.370 hektar. Namun oleh Pemerintah tidak tanggung-tanggung bendungan ini juga di sulap sekaligus menjadi destinasi wisata yang menarik dengan maksud agar dapat menggerakan perekonomian masyarakat setempat.

Bendungan Kamijoro, Wisata Gratis Di Jogja
Wisata Bendungan Kamijoro, photo by Perjalanan Day

Beberapa fasilitas yang dapat dinikmati seperti taman bermain anak, ada jungkat jungkit, ayunan, hingga perosotan. Disini juga tersedia kuliner lokal, kamu bisa bersantap makan sambil menikmati hamparan sungai yang luas. Atau bisa juga membawa bekal dari rumah lalu makan bersama keluarga di area wisata Bendungan Kamijoro.

Ohya, spot yang paling menarik disini adalah jembatannya. Jembatan yang menghubungkan antara Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Bantul ini mirip dengan Sydney Harbour Bridge di Australia, kalau versi lokalnya mirip dengan Jembatan Ampera yang ada di Sumatera Selatan, Palembang.

Untuk bisa menikmati wisata rakyat yang satu ini dijamin tidak akan menguras kantong, harga tiket masuknya cukup membayar biaya parkir saja. Bendungan Kamijoro ini beralamat di Plambongan, Triwidadi, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kelemahan tempat wisata ini hanya sedikit kurang terawat, padahal baru diresmikan tiga tahun silam. Tapi yah, dimana-mana yang namanya wisata rakyat, fasilitas yang diberikan tentu saja fasilitas kelas rakyat bukan kelas pejabat. Jadi jangan membayangkan tempat ini memiliki wahana seperti Dufan, Circus Waterpark Bali, Atlantis Water Adventure atau Raja Ampat. Meski begitu tempat wisata ini memiliki keunikan tersendiri dan tetap menarik untuk di kunjungi.

Selamat liburan….
LihatTutupKomentar