Cara Orang Rimba Menangkap Ikan

Cara Orang Rimba Menangkap Ikan, Orang Rimba, SAD Nangkap Ikan, SAD Jambi


Teks dan photo by Dessy Rizki


Nenek Halimah sedang duduk mematung dipinggir sungai, selasa 3 september 2019 sore. Matanya tajam mengamati air sungai yang sedang mengalir perlahan. Tiba-tiba dengan gerakan kilat nenek Halimah menebaskan parangnya kepermukaan air sungai. Dan seekor baung menggelepar-gelepar dengan kepala yang hampir putus.

Nenek Halimah adalah satu dari anggota rombong Hari yang tengah ngakop ikan di sungai kecil di pinggir hutan dekat ladang Orang Rimba di Desa Dwi Karya Bakti Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo.

Ngakop ikan adalah salah satu budaya Orang Rimba yaitu menangkap ikan bersama anggota rombong di sungai hanya menggunakan tangan atau dengan alat seadanya seperti parang.

Kegiatan ini dilakukan secara bersama-sama oleh anggota rombong saat musim kemarau. Karena biasanya pada musim ini air sungai akan surut dan ikan-ikan akan terjebak disatu tempat sehingga lebih mudah ditangkap. 

Beginilah cara Orang Rimba dalam memenuhi kebutuhan protein keluarga. Namun sekarang, sungai-sungai sudah banyak yang kering akibat perluasan perkebunan kelapa sawit sehingga sulit bagi Orang Rimba untuk mencari ikan. Beruntung nenek Halimah dan anggota rombong Hari lainnya hari ini bisa menanggkap ikan yang tersisa di sungai ini.
LihatTutupKomentar