Rute Perjalanan dari Jambi ke Jogja dan Tips Agar Tidak Tersesat

Rute Penerbangan Jambi Ke Jogja, Tips Agar Tidak Tersesat di Jogja, Tips Terbang dari Jambi ke Jogja Bagi Pemula, Tips Liburan di Jogja

Rute Perjalanan dari Jambi Ke Jogja dan Tips Agar Tidak Tersesat

Dari Jambi kamu berangkat melalui Bandara Sultan Thaha Saifuddin yang berada di Jl. Soekarno-Hatta, Kec. Jambi Selatan. Dan akan mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) yang beralamat di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo.

Sekilas info mengenai bandara Jogja agar kamu tidak bingung. Jogja memiliki dua bandar udara. Yang pertama adalah Bandara Adisutjipto, sedangkan yang kedua adalah Bandara YIA yang dibangun sejak tahun 2018 dan diresmikan pada tanggal 28 Agustus 2020 oleh Presiden Jokowi.

Bandara Adi Sutjipto difungsikan hanya untuk penerbangan jarak dekat dan penerbangan general aviation. Sedangkan Bandara YIA untuk melayani penerbangan domestik jarak jauh dan internasional dengan jarak tempuh penerbangan lebih dari 1 jam. Jadi saat memesan tiket ke Jogja jangan lupa untuk mengchek terlebih dahulu kode bandaranya yah supaya tidak salah mendarat.

Penerbangan dari Jambi ke Jogja harus transit terlebih dahulu di Jakarta. Waktu transit ini biasanya lumayan lama tergantung tiket yang kamu pilih. Ada yang waktu transitnya sekitar 2 jam ada juga yang 6 sampai 7 jam.

Harga tiket dari Jambi tujuan DIY Yogyakarta sangat bervariatif, tergantung kelas dan maskapai penerbangan yang kamu pilih. Jika kamu memilih penerbangan kelas ekonomi dengan maskapai Lion Air harga tiketnya sekitar 1.490.000 sekian, Batik Air sekitar 1.700.000 sekian, Cilitink 1.900.000 sekian, dan Garuda Indonesia 2.500.000 sekian.

Saran saya jika kamu ingin mendapatkan tiket dengan harga yang murah, pertama sering-seringlah membuka aplikasi tiket online, bila beruntung kamu akan mendapatkan potongan harga untuk penerbangan di hari dan waktu tertentu. Cara kedua dengan memesan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan minimal satu bulan.

Setelah mendarat di Bandara YIA. Untuk menuju Kota Jogja atau ke tujuan lainnya, kamu bisa menggunakan beberapa alternatif transfortasi resmi yang tersedia di Bandara seperti kereta api, taksi, Go Car, Grab Car, Damri dan lain-lain.

Untuk transfortasi yang ekonomis kamu bisa piliha kereta api. Ada dua kereta api yang tersedia di Bandara YIA yaitu KA Bandara YIA, dan KA Prambanan Ekspres alias Prameks. Untuk harga tiketnya, tarif KA Bandara YIA sekitar 25 ribu, sedangkan KA Prameks hanya 8 ribu. Tiketnya dapat dibeli secara online melalui aplikasi KAI Access.

Jika tujuanmu adalah Kota Jogja pilih saja KA Bandara YIA ambil rute ke Stasiun Yogyakarta (Stasiun Tugu) hanya 39 menit perjalanan. Setelah berada di pintu exit Stasiun Tugu kamu bisa memesan ojek online melalui aplikasi atau bisa memesan langsung di outlet yang tersedia disana.

Atau bisa juga, setelah tiba di Stasiun Tugu kamu ambil arah menuju Malioboro. Apalagi jarak dari Stasiun Tugu ke Malioboro sangat dekat, kurang lebih 300 m sekitar 9 menit berjalan kaki. Dari Malioboro barulah kamu pikirkan akan melanjutkan perjalanan kemana. Barada di Malioboro juga sangat memudahkan kamu untuk memesan ojek online. Sembari menunggu kamu bisa menikmati suasana di Malioboro dan berwisata kuliner disana.

Namun, jika kamu merasa ribet dan bingung jika naik kereta api atau damri. Kamu bisa pilih taksi online seperti Go Car dan Grab Car. Kamu juga bisa memesan langsung pada supir-supir taksi yang akan bergerombolan menghampirimu begitu kamu tiba di pintu kedatangan.

Ini cara paling mudah untuk kamu yang pertama kali datang ke Jogja. Dengan begitu kamu bisa langsung meluncur ke hotel atau tempat yang akan kamu tuju di Jogja. Hanya saja tarif transfortasinya cukup mahal tergantung jarak yang ditempuh.

Dalam melakukan perjalanan travelling pertama kali atau sendiri. Kemungkinan-kemungkinan buruk bisa saja terjadi misalnya seperti tidak tahu rute, salah naik kereta, dompet kecopet, disaat yang bersamaan ponselmu juga hilang. Intinya kamu tersesat dan tidak tahu jalan pulang. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika tersesat di Jogja.


1. Jangan Panik


Jangan panik dan tetap tenang, tarik napas dalam-dalam dan cobalah untuk merilekskan diri. Jangan mengambil keputusan secara impulsif atau gegabah. Beri dirimu waktu sejenak untuk berpikir.

2. Gunankan Google Maps atau Apps Navigasi


Gunakan google maps atau aplikasi navigasi jika ponselmu tidak dalam keadaan hilang untuk mencari jalan keluar. Kamu juga bisa menghubungi teman atau kenalanmu yang asli orang Jogja.

3. Bertanya Pada Masyarakat Setempat


Seperti kata pepatah, malu bertanya sesat dijalan. Jika kamu sudah tersesat bertanyalah kepada masyarakat di sekitar. Sopir angkutan umum atau pedagang misalnya. Jangan khawatir orang-orang di Jogja sangatlah ramah, mereka dengan senang hati membantumu. Pastikan kamu menggunakan Bahasa yang sopan saat bertanya warga setempat.


4. Gunakan Angkutan Umum


Jika kamu tidak tahu jalan kembali ke tempat tujuan, kamu bisa menggunakan angkutan umum seperti bus atau taksi. Pastikan dahulu angkutan umum tersebut aman dan terpecaya.

5. Hindari tempat yang Tidak Aman


Ketika tersesat hindarilah tempat-tempat yang tidak aman seperti gang-gang kecil atau tempat-tempat sepi dan gelap.

6. Ingat Selalu Nomor Darurat


Ingatlah selalu nomor darurat seperti nomor polisi, rumah sakit, atau layanan darurat lainnya. hal itu sangat dibutuhkan disaat situasi seperti ini.

Sesungguhnya janganlah terlalu dipikirkan. Karena Jogja adalah kota wisata jadi hampir setiap rute perjalanan sudah diberi plang dan tanda yang berisi cukup informasi. Kalaupun ragu kamu bisa menggunakan jasa sewa tour guide atau pemandu wisata di Jogja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Saya pribadi beberapa kali melakukan perjalanan travelling di Jogja hanya bermodal google maps. Sepanjang jalanpun tersedia papan informasi tentang lokasi wisata yang dituju. Saat kehilangan singal internet atau ponsel lowbet biasanya saya tinggal turun dari kendaraan dan bertanya dengan warga setempat. Apalagi penduduk Jogja sangatlah ramah dan santun mereka dengan senang hati membantu. Di sekitar tempat wisata biasanya selalu ada warga yang berjualan atau kalau tidak ada kamu bisa mencari permukiman warga terdekat.

Oke. Cukup dulu informasi seputar rute perjalanan untuk kamu yang pertama kali terbang dari Jambi ke Jogja, serta beberapa tips jika kamu tersesat. Semoga bermanfaat yah. 
LihatTutupKomentar